Minggu, 01 Mei 2016

APLIKASI MARTVIEW DALAM PEMBUATAN E-BOOK

Seperti yang kita ketahui, di dunia perpustakaan sekarang santer terdengar kata perpustakaan digital.E- book atau buku elektronik atau buku digital merupakan sarana yang sekarang sedang berkembang dan diminati, banyak kelebihan yang dimiliki dengan e-book yaitu antara lain karena sifatnya elektronik/data digital maka e-book tidak membutuhkan ruang besar sehingga mengurangi penggunaan ruang yang terbatas, fleksibilitas, fungsionalitas, harga yang lebih murah dibandingkan buku cetak, mudah mempublikasikannya dan merupakan bagian dari konservasi terhadap bahan baku kertas. Berdasarkan beberapa pertimbangan keunggulan atau kelebihan sebuah e-book maka dirasa penting bahwa setiap orang khususnya calon guru, guru, dosen atau masyarakat luas.
Banyak aplikasi yang beredar yang dapat dipergunakan untuk membuat sebuah e-book sebagai media pembelajaran yang dapat dipergunakan oleh peserta didik, guru, dosen atau masyarakat luas, dari yang gratis (free) sampai yang berbayar. Beberapa aplikasi yang gratis (free) dan sangat bagus untuk membuat sebuah ebook , dengan aplikasi ini seolah pembaca sedang membuka buku nyata di dalam komputer, layaknya seperti membolak balik buku hard copy namun via komputer, aplikasi tersebut antara lain adalah MartView.
MartView adalah sebuah aplikasi pembuat ebook, yang dapat membuka file.mart dan pdf dengan tampilan seperti kita sedang membuka sebuah buku nyata.Aplikasi ini memiliki tampilan tayangan yang mengesankan dan tergolong sangat menarik, lebih menarik dari aplikasi sejenisnya.MartView merupakan aplikasi freeware yang dapat diinstal ke dalam komputer tanpa dipungut biaya apapun alias setiap orang yang mau memanfaatkan atau menggunakan atau mengunduh aplikasi MartView diberikan secara gratis atau free. Saat aplikasi MartView ini diinstall , komputer harus terhubung ke internet karena akan mengunduh beberapa file yang mendukung kinerja MartView. Setelah proses install selesai, aplikasi MartView secara otomatis akan terbuka. Martview juga memiliki tampilan horizontal vertikal slide dan menu download ebook, dan yang pasti menu ini dapat di gunakan dan di menfaatkan untuk mendownload berbagai macam ebook yang di sukai oleh pengguna.
Kelebihan lain dari aplikasi MartView adalah pengguna bisa membaca nya dengan Drag dan Drop halaman,jadi lah kita bisa membaca layak nya membaca buku. Kita bisa menciptakan document anda sendiri kemudian diupload di martview server layaknya anda memiliki perpustakaan pribadi di dalam desktop komputer anda. Martview mendukung beberapa file seperti PDF ke Martview, JPG ke Martview dan ZIP RAR ke Martview maksudnya anda dapat menciptakan dokumen seperti majalah hanya dengan melakukan convert dari documen semisal PDF ke document yang kompatible dengan Martview.
Secara umum, ada beberapa fitur yang ada dalam aplikasi MartView ini, antara lain:
a.       Horisontal slide
b.      Membaca disertai efek flip.
c.       Vertikal Slide.
d.      Bisa Download & Upload (Online)
e.       Convert Dari PDF, JPG,PNG,RAR, Zip ke Ext mart
f.       Touch Screen (Bagi Notebook yg Suport touch screen)

Sebelum kita masuk dalam langkah pembuatan e-book melalui aplikasi Martview alangkah lebih baik jika kita mengetahui cara-cara pembuatan e-book dengan format pdf terlebih dulu.Karena seperti yang kita tahu dari uraian di atas, aplikasi MartView juga mampu mengconvert data dari pdf.
1.      Terlebih dahulu kita install aplikasi novaPDF
2.      Buka file yang dalam bentuk tulisan word/excel/powerpoint atau rtf, misal file Anda dalam bentuk word (format .doc).
3.      Klik fileprint dan pilih pada printer-novaPDF Printer dan klik Print.
















4.      Selanjutnya klik Ok, dan dokumen Anda sudah berubah menjadi dalam bentuk format PDF.











5.      Dokumen dalam bentuk .pdf Anda sudah selesai, selanjutnya klik file dan save a copy dimana file Anda akan disimpan

Berikut ini adalah beberapa langkah dalam pembuatan e-book dengan menggunakan aplikasi Martview.
1.      Terlebih dahulu kita install dulu program pembuat e-book Martview.
2.      Jalankan program Martview dengan klik star-all programs-martview.

3.      Anda akan melihat tampilan dari Martview, selanjutnya klik menu Create E-book yang berada di sisi kanan atas menu

4.      Terdapat tiga buah pilihan untuk membuat e-book dalam format.mart (aplikasi martview), yaitu 1) Pdf ke Mart, 2) JPG/PNG/GIF/BMP ke Mart, dan 3) Zip/Rar/CBZ/CBR ke Mart.Klik create pada menu pilihan pdf ke mart.















5.      Pilihlah file dengan format .pdf yang Anda pilih untuk dibuat sebagai E-book dalam format .Mart, selanjutnya klik open.










6.      Program konversi sedang berjalan, tunggu hingga selesai atau progress mencapai 100%. Selanjutnya klik open untuk melihat hasil e-book yang telah kita buat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar