Minggu, 01 Mei 2016

Kekurangan dan Kelebihan WordPress dengan Blogger

Membahas mengenai platform WordPress.com yang notabene hampir sama dengan blogspot dari segi biaya, yakni gratis, memang sangat menarik. Tentunya versi wordpress yang saya maksud di paragrah ini bukanlah wordpress self hosted, tetapi wordpress yang gratisan (wordpress.com). Yah, walaupun tidak sepenuhnya gratis sih. Tapi ini sudah cukup untuk menunjang aktivitas ngeblog bagi newbie seperti saya ini. Hehehe. Bagi sebagian orang, gratis itu memang menggiurkan, terutama yang isi dompetnya cekak. Versi wordpress yang gratisan ini memang hampir sebanding jika dibandingkan dengan blogspot. Sama sama gratis, dan sama sama mempunyai beberapa fitur unggulan yang tidak pasti dimiliki satu sama lain. Wordpress  mempunyai tampilan yang sangat elegan (menurut saya). Jika saya disuruh menilai, wordpress memilikinilai 9/10 dari segi penampilan.

 

·         Wordpress.com Didukung Banyak Theme.

Disisi lain, wordpress ditunjang oleh banyak sekali Theme yang menyedapkan mata. Ada berbagai macam theme wordpress yang bisa dipilih, mulai dari yang gratisan, sampai yang premium. Dan yang lebih menggembirakan lagi bagi para pemula ialah, theme wordpress ini sangat mudah untuk digunakan. Tinggal pilih theme yang diinginkan, lalu klik aktivasi. Taraa.. Dalam sekejap theme nya sudah terpasang di blog, tidak perlu susah payah coding, edit html, css dan sebagainya serta tampilan blog mu sudah seperti blog yang professional. Ya, itulah kenapa wordpress.com ini sangat cocok bagi para pemula.

 

·         Fitur Navigasi Yang Lengkap

Berbeda dengan blogspot, walaupun ini gratisan, tapi wordpress.com ini mempunyai fitur navigasi yang sangat lengkap. Tampilan dashboard nya pun tampak elegan, stylish dan professional.

 

·         Pendaftaran di Wordpress.com itu Mudah

Selain itu, mendaftar di wordpress.com juga sangat mudah, bisa menggunakan email apapun. Sama hal nya dengan blogspot, di wordpress.com anda juga bisa mendaftarkan banyak blog dalam satu akun. Keren, 'kan?

 

·         Dapat Digunakan Secara Offline

Selanjutnya, wordpress juga bisa dipakai tanpa koneksi internet sama sekali, alias offline menggunakan sebuah web server yang sebelum nya sudah diinstal secara lokal di komputer anda.

 

·         Wordpress.com Didukung Banyak Plugin

Tidak seperti blogspot, wordpress menyediakan ribuan plugin yang siap digunakan bagi para pengguna nya. Inilah salah satu kelebihan wordpress yang tidak dimiliki blogspot, karena blogspot hanya mendukung beberapa plugin saja, tidak sebanyak plugin di wordpress.

 

·         Bisa Posting Melalui Email

Disisi lain, ada salah satu fitur wordpress yang sama dengan fitur yang ada di blogspot, sting melalui email. Pengguna tinggal menuliskan artikel yang akan diposting ke blog nya melalui email, yang nantinya email tersebut dikirim ke alamat email blog yang sudah ditentukan sebelum nya.

 

 

·         Wordpress Memiliki Fitur Back-up

Fitur yang dimiliki wordpress.com tidak hanya sampai disitu saja, pengguna wordpress juga bisa mencadangkan semua postingan untuk kepentingan keamanan serta dapat mengunggah nya kembali bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

 

·         Wordpress Sudah Terintegrasi Dengan Banyak Platform

Selain itu, wordpress juga bisa diintegrasikan dengan beberapa platform, yakni gravatar, akismet, intensedebate, bbpress, polldaddy, dan buddypress. Dan ada salah satu kelebihan utama dari wordpress, yaitu memiliki fitur untuk mengimport data data dari b2evolution, MovableType, grayMetter, TextPattern, dan Blogger.

 

·         Wordpress itu Comment Friendly

Bagi anda yang ingin setiap postingan pada blog nya terdapat banyak orang yang berkomentar, maka wordpress adalah salah satu pilihan yang tepat. Kenapa? Karena wordpress.com itu sangat Comment Friendly, kolom komentar nya secara jelas terlihat dibawah postingan, dan hanya memerlukan email, situs web (optional) dan nama saja untuk bisa mengirim komentar.

 

·         Terdapat Menu Statistik Data Yang Lengkap

Pada panel dashboard di wordpress juga menyajikan data statistik pengunjung, artikel yang paling banyak diklik, pencarian terbanyak, halaman terpopuler, dari mana pengunjung berasal, serta data statistik lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu disini. Selain itu, juga terdapat statistik komentar anda di blog wordpress yang lain bisa muncul di dashboard anda.

 

·         Banyak Fitur Tambahan

Ada satu fitur unik di wordpress, yaitu fitur sticky/front page, yang bisa memungkinkan pengguna nya untuk menyembunyikan postingan di halaman beranda, tetapi postingan tersebut tetap muncul di halaman kategori.

 

·         Mudah Terhubung Dengan Akun Sosmed

Dengan wordpress, anda juga bisa menghubungkan blog wordpress dengan beberapa akun sosial media (sosmed) seperti yahoo, facebook, twitter, google plus, sehingga setiap selesai mempublikasikan postingan maka link postingan tersebut juga akan langsung diposting di akun sosial media tersebut.

 

Ya, itulah beberapa kelebihan wordpress yang bisa saya jelaskan untuk saat ini, karena masih banyak yang belum saya jelas. Nah, sekarang saya akan membahas tentang kekurangan dan kelemahan wordpress yang patut untuk diketahui. Sama seperti blogspot, wordpress juga mempunyai kelemahan. Ya, walaupun tidak banyak.

 

·         Tidak Murah Walaupun Gratis

Salah satu kelemahan wordpress adalah harus membayar hosting bila ingin meng-custom domain. Ya, tentunya ini sangat berbeda sekali dengan blogspot.

 

·         Blog Jadi Berat Jika Terinstall Banyak Plugin

Lalu, blog wordpress mu akan menjadi tambah berat jika diinstal banyak plugin. Solusi nya, buang saja plugin yang tidak dibutuhkan dan install plugin yang memang perlu.

 

·         Wordpress.com Tidak Support Javascript

Selain itu, wordpress tidak mendukung javascript dan tidak bisa dimonetize. Artinya, blog dari wordpress.com tidak bisa digunakan untuk berbisnis online, baik itu PPC seperti Google Adsense, Chitika, Infolinks maupun jenis bisnis online lainnya seperti Affiliasi, PTC, link refferal, shorten URL (adf.ly, dll), dan masih banyak lagi. Tetapi jika ingin blog mu bisa dimonetize, pilih saja wordpress self hosted, yang tentunya membutuhkan uang untuk membuat nya alias tidak gratis.

 

·         Tidak Bisa Mengedit CSS Dan HTML

Kamu juga tidak akan bisa mengedit CSS dan elemen HTML di Wordpress.com, kecuali jika kamu melakukan upgrade (berbayar). Benar benar tidak leluasa, 'kan? Lalu, kamu juga tidak bisa melihat pratinjau langsung saat kamu mengedit template/theme. Keadaan seperti ini bisa membuat anda kerepotan saat hasil editan template/theme nya belum sesuai yang diharapkan.

 

·         Ribet Dalam Mengatur Layout

Mengatur tata letak (layout) gadget di wordpress juga lumayan merepotkan. Pasalnya, kamu tidak leluasa jika ingin memindahkan gadget dari satu ruang ke ruang yang lainnya.

 

·         Diskspace dan Bandwith Terbatas

Selain itu, JIKA kamu menggunakan hosting, maka kamu memiliki ketersediaan bandwith dan diskspace yang terbatas, tidak unlimited (yang ini tergantung, karena setiap web hosting itu berbeda).

 

Rentan Diserang Hacker Dan jika kamu memang mau menggunakan wordpress.com maka kamu harus meningkat kan tingkat keamanan nya, jika tidak maka blog mu akan mudah sekali diretas oleh para hacker. Hal ini perlu diperhatikan, pasalnya banyak admin blog yang kurang memperhatikan bagian ini.



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelebihan dan kekurangan blog dengan wordpress


Blogger

Kelebihan :

1.      Terintegrasi dengan Google Account. Jika anda memiliki account di gmail atau Google reader, otomatis anda sudah memiliki account blogger.com

2.      Proses Sign Up yang mudah.

3.      Bisa memasang script AdSense.

4.      Panel Kontrol yang sangat sederhana dan mudah dimengerti.

5.      Tersedia navigasi dalam bahasa Indonesia.

6.      File CSSnya dapat diedit.

7.      Navigasi admin sederhana, dan mudah dimengerti : posting, Pengaturan, Tata Letak

8.      Ada widget untuk polling

9.      Bisa memiliki banyak blog dalam satu account

 

Kekurangan :

1.      Tampilan dashboard terlalu sederhana. kurang fancy

2.      Pilihan template bawaan terlalu sedikit, sehingga banyak blog dengan tampilan sejenis. Jika pengunjung hendak memberikan komentar, pengunjung perlu membuka halaman baru. Ini cukup menjengkelkan.

3.      Tidak bia melihat statistik pengunjung. jumlah pengunjung, search term yang mereka pakai, dari mana mereka berasal, dan berbagai statistik lain. ( kecuali anda memasang script tracker Google Analytics di widget anda. sedang kami uji coba nih.)

 

Wordpress

Kelebihan :

1.      Terintegrasi dengan berbagai Produk Automattic lain seperti akismet dan gravatar.

2.      Proses Sign up mudah

3.      Bisa memiliki banyak blog dalam satu account

4.      Fitur My Comments. Jika anda memberikan komentar di blog wordpress.com lainnya, anda dapat mlihatnya di dashboard blog anda

5.      Fitur BlogStat. Anda dapat melihat statistik blog anda. Berapa pengunjung yang datang, search term apa yang mereka pakai, Post paling diminati pengunjung, dan lain – lain.

6.      Tampilan dashboard blog yang fancy.

7.      Tersedia navigasi dalam bahasa Indonesia

8.      Template bawaan yang sangat banyak

 

Kekurangan :

1.      Tidak bisa pasang script adsense.

2.      Tidak bisa edit CSS. Sebenarnya bisa sih, tapi anda harus upgrade layanan ke versi berbayarnya.

3.      Tampilan dashboard sedikit kompleks.

4.      Tidak bisa menambah plugin


2 komentar:

  1. Hello Everyone, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan sebuah negara kompensasi bersatu, dan kami telah mendengar dan juga meminjam dari perusahaan pinjaman, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia untuk mencari pinjaman Internet Sangat hati-hati Berhati-hatilah untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa di antaranya asli dan nyata,

    Saya ingin melempar testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya ke pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran. . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang baru saja mendapatkan pinjaman online, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengurus se umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang ingin saya gunakan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta, telah disimpan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan pinjaman cepat sekarang atau email di Dangotegrouploandepartment@Gmail.com

    Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..

    BalasHapus
  2. Saya Devina dari indonesia di Surabaya, saya mengabdikan waktu saya di sini karena janji yang saya buat untuk Nyonya Elizabeth yang kebetulan merupakan pemberi pinjaman online dari perusahaan pinjaman Elizabeth dan saya berdoa kepada ALLAH agar dia dapat melihat posting saya pada hari ini.

     Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar diposting oleh seorang wanita bernama Arnah dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online dari Dr James Mowat, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Nyonya Elizabeth dan Nyonya Elizabeth meminjamkan 2.500.000 Rupiah tanpa tekanan dan tunda, jangan hubungi Dr. James Mowat melalui email: jamesmowatloanfirm@gmail.com untuk menghindari menjadi korban penipuan.

    Saya memutuskan untuk menghubungi Arnah untuk mengkonfirmasi apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari Nyonya Elizabeth, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Nyonya Elizabeth saya bersikeras bahwa dia harus tolong beri tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan itu sangat mudah tentang bagaimana mengajukan permohonan pinjaman dari Nyonya Elizabeth yang perlu saya lakukan adalah menghubungi dia, mengisi formulir aplikasi mengirimnya kembali, mengirim salinan pindaian kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya . lalu saya bertanya padanya bagaimana Anda mendapat pinjaman? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, itu sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Nyonya Elizabeth dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untungnya bagi saya saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya berhasil disetujui tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta untuk membuat janji untuk membagikan kabar baik Nyonya Elizabeth dan itu adalah mengapa Anda melihat posting ini hari ini. untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan dari 150000000 Rupiah. Jadi saya menyarankan setiap orang yang mencari sumber yang dapat dipercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Nyonya Elizabeth melalui Email: elizaabethchristopherloan@gmail.com untuk pinjaman aman Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya : devinairf128@gmail.com atau Anda juga dapat menghubungi Arnah di arnahnana01@gmail.com. Saya percaya satu giliran yang baik layak mendapat yang lain.

    BalasHapus