Minggu, 01 Mei 2016

CAMTASIA STUDIO

Camtasia studio adalah suatu software atau aplikasi berfungsi untuk merekam berupa video, suara dan bahkan wajah kita sendiri dalam mempresentasikan jalannya kursor atau mouse atau aplikasi yang sedang dijalankan oleh layar computer dan beberapa konversi mengedit video. Camtasia studio dikembangkan oleh TechSmith Corporation, bermanfaat untuk membuat tutorial video dan power point berbasis pembelajaran dalam multimedia dan e-learning untuk mempermudah presentasi dan mudah dipahami oleh pengguna. Jalanya software ini adalah untuk mengedit, menangkap video dari layar computer dan dapat merekam music atau suara kita sendiri. Pada Camtasia 7 berfokus pada produksi High Definition dan berbagai pengaturan baru untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat antara definisi tinggi dan kemudahan penggunaan. bantuan ini telah diperbarui ditambah tutorial online definitif. Sebuah wilayah konten baru ditambahkan untuk menampilkan template, musik, dan lain-lain. Ini dipasok dari vendor pihak ketiga (Digital Juice), konten tambahan juga tersedia untuk pembelian. Perubahan lain termasuk efek video baru dan penyesuaian kursor dari link ketika berbagi video, serta wizard produksi ditingkatkan untuk meng-upload video ke YouTube.

Ada beberapa fitur yang ada dalam Camtasia studio ini yaitu Power Point plug-in (untuk presentasi catatan), fokus pintar (untuk membuat video yang zoom in pada bagian yang diperlukan untuk menunjukkan), efek klip dan transisi. Camtasia studio juga memiliki aplikasi-aplikasi tambahan seperti editor audio, penyajian CD / MenuMaker, dan alat konversi untuk output produksi di MP4, FLV, AVI, WMV, MOV, animasi GIF, audio MP3, dll.
Ada tiga cara untuk memproduksi sebuah video dengan Camtasia, yaitu merekam langsung dari kamera, mengambil gambar dan video yang ada di dalam hard disk, dan memproduksi paket video sekaligus membaginya ke teman dan kolega Anda. Untuk merekam, ada banyak pilihan yang bisa digunakan oleh pengguna. Untuk merekam layar misalnya. Anda tidak hanya merekam pergerakan mouse, tetapi juga dapat ditambahkan efek-efek animasi dan audio untuk memperjelas video yang Anda buat. Area yang direkam pun bisa Anda atur dengan bebas. Anda bisa merekam dalam mode full screen atau window.  Proses perekaman bisa juga Anda tambahkan audio lewat mikrofon. 


Terdapat empat navigasi utama untuk yang dapat gunakan yaitu sebagai berikut :
a.    Record untuk merekam keseluruhan aktivitas atau kegiatan pada desktop computer
b.   Edit untuk menyunting hasil record (rekaman yang sebelumnya telah direkam pada desktop computer)
c.    Produce untuk memproduksi hasil rekaman yang telah di record serta di edit sebelumnya
d.   Share sebagai finishing atau penyelesaian hasil akhir dari ketiga navigasi diatas, kita bisa share hasil record yang telah dibuat ke dalam bentuk CD, DVD, MPEG4, IPOD,  atau menyimpannya kedalam blog atau web yang kita punya

Keuntungan camtasia studio
1.      Camtasia studio lebih efisien dan hemat waktu karena kita mudah untuk membuatnya
2.      Adanya system Drag and Drop membuat pemindahan data menjadi lebih mudah dan mempermudah dalam mengedit rekaman.
3.      Tersedia navigasi recorder untuk merekam aktifitas layar PC sehingga mempermudah kita dalam merekam jalanya aplikasi yang kita jalankan di layar pc.
4.      Tersedia efek transisi video untuk memperindah pergantian frame pada video
5.      Dapat menambah background music sesuai dengan yang diinginkan bukan hanya music dapat juga berupa rekaman suara kita sendiri bahkan bisa ditambahkan dengan gambar kita sendiri.
6.      Dengan adanya fitur recorder dalam camtasia studio dapat lebih mudah untuk mempelajari suatu aplikasi dengan melihat video, membuat video tutorial penggunaan suatu aplikasi atau pembuatan efek video.
7.      Penyunting video yang memberikan control penuh dalam menyunting video. Layar perekam tidak harus diambil dalam sekali rekam namun dapat disambung dengan video-video yang lainnya jika terjadi kesalahan. Dengan tersedianya menu penyuntingan, kamu dapat mengontrol setiap frame didalam video dan jika ingin mengubahnya camtasia selalu menyimpan video asli meskipun saat video penyuntingan dilakukan pemotongan klip.
8.      Menggunakan tools audio untuk merapihkan atau menjernihkan  suara yang mengganggu, atau mengatur tinggi rendahnya nada atau intonasi suara.
9.      Dapat memberikan fitur captioning baik itu captioning yang terbuka (saat pemutaran video muncul captioning) maupun captioning tertutup (captioning dimunculkan jika pengguna ingin menampilkan captioning)
10.  Mempermudah kita untuk membuat materi, fleksibel, menarik dan praktis.
11.  Ukuran file hasil recording lebih kecil Selain lebih kecil juga perekaman gambar lebih halus.

Kekurangan camtasia studio
1.      Software shareware program ini berbayar karena jika ingin menyebar luaskan harus memiliki kuota internet tapi bisa juga menggunakan wifi.
2.      Spesifikasi PC yang harus lumayan besar karena software camtasia ini membutuhkan memori yang lumayan banyak.
3.      apabila ada pengembangan software pasti ada penambahan icon-icon baru yang lebih baik dan kita harus mendownloadnya dan memakan memori yang agak banyak

Camtasia studio mempunyai kegunaan yaitu sebagai berikut:
a. Pekerjaan
1.      Membuat konten untuk website perusahaan atau berbagi video mengenai perusahaan dengan bantuan Camtasia. Sehingga mempercepat kerja sama tim dan meningkatkan pemasaran tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.
2.      Fitur recording dan penyuntingan video pada Camtasia dapat membantu pelatihan kerja yang interaktif dan mendukung pembuatan video yang dapat ditonton dimanapun dan di perangkat-perangkat elektronik. Fitur Screencast membuat pelatihan kerja menjadi lebih cepat dan mudah
3.      Camtasia memudahkan untuk membuat video profesional untuk merespon klien dan dengan berbagi video klien dapat menggunakan video tersebut untuk waktu yang lama. Penggunaan Camtasia memudahkan penyuntingan video dengan kualitas yang baik.
b. Pendidikan
1.      Merekam aplikasi yang berjalan di Komputer kemudian sunting video pengajaran yang diinginkan. Sunting dapat disesuaikan dengan pelajaran menggunakan green screen atau webcam computer. Berbagi video dengan aman kepada setiap kelas atau ke salah satu pelajar, bahkan dapat juga membuat video pengajaran yang ditujukan untuk pengajar atau orangtua para pelajar.
2.      Menambahkan clickable hotspots berupa link yang ditujukan sesuai pelajaran yang indin dipelajari. Dapat juga menambahkan table yang berisi konten-konten pengajaran dan kolom pencarian untuk lebih memudahkan pengajaran. Pelajar dapat memilih topik pelajaran apa yang ingin ditonton.
3.      Mampu membuat quiz dan soal-soal yang telah dipelajari untuk melihat seberapa jauh perkembangan pelajar terhadap suatu pelajaran. Pelajar dapat mengerjakan kuis di masing-masing perangkat yang mereka miliki dapat berupa laptop, iPads, Tablet Android dan Smartphone. Pengajar menerima hasil test melalui email dan lampiran dalam bentuk excel untuk memudahkan penilaian.
c. Umum
1. Camtasia studio bisa untuk merekam presentasi power point
Dengan camtasia studio powerpoint add-in, kita dapat merekam dan mem-publish presentasi secara langsung yang meliputi ketepatan waktu slide, animasi, dan nurasi suara.
2. Video Pelatihan atau Training
Secara teknis, penempatan camtasia studio video secara online dapat mengurangi biaya karena pelanggan dapat mengakses jawaban dari pertanyaan sama yang sering ditannyakan dan muncul setiap hari.
3. Demo Produk
Perusahaan menggunakan camtasia studio 5 video untuk meningkatkan penjualan dengan membantu konsumen mengenai cara memahami produk atau pelayanan dari perusahaan tersebut.
4. Materi kursus atau kuliah online
Penempatan video pembelajaran dan presentasi secara online dapat menghapus rentang jarak dan waktu bagi fakultas dan siswa atau mahasiswa. Misalnya, Tom adalah profeser bidang matematika di University os Akrom ia menggunakancamtasia studio untuk membuat materi kuliah. materi kuliah tersebut dapat diakses selama 24 jam/hari sehingga dapat belajar kapan pun dan dimanapun mereka berada.
5. Menyimpan file dalam bentuk ekstensi file avi, mpg, wmp.
Yang dapat dioperasikan dimedia player atau Quick Time, sehingga dapat mengatur pemutaran video misalnya mempercepat video, mengulang video dan lain sebagainya. Meyimpan dalam bentuk Macromedia Flash Player sehingga bisa diputar di browser biasanya dijalankan dengan program Macromedia Flash Player dan penyimpanan dalam bentuk html. Dimana dalam type ini dapat browser ke internet sehingga para pengguna media pembelajaran interaktif ini dapat mengakses lewat internet.



Recording Feature
Pada Windows OS tidak terdapat fitur DV Camera sedangkan pada MAC OS tidak terdapat Restore Cursor Location After Pause, ScreenDraw, Capture Keyboard Input dan Lock to Application.

Editing Feature
Pada Windows OS terdapat Share Projects and Files Across Computers, SmartFocus, Captions, Title Clips, Callouts, Annotations, and Shapes, Video Effects, Audio Effects, Cursor Effects, Animations, Transitions, Direct Manipulation of Media on Preview Area (Canvas), Quizzing and Surveys, Add Markers, Blur, Highlight, Multiple Video and Audio Tracks, Hotspots, Clip Speed, Remove a Color kecuali Freeze Region yang tidak ada. Mac Os tidak terdapat Title Clips, Quizzing and Surveys
Sharing Feature
Pada Windows OS Tedapat semua fitur Sharing namun pada MAC OS tidak terdapat ADD or EDIT Presets, Production Review, Batch Production, Produce a selection, Uploap video by FTP, Customize the flash Control dan Customize the flash About.


Untuk menjalankan Camtasia Studio 6, komputer harus memenuhi spesifikasi berikut:
·         Microsoft Windows XP or Windows Vista
·         Microsoft DirectX 9 or later version
·         1.0 GHz processor minimum ~ Recommended: 3.0 GHz
·         500 MB RAM minimum ~ Recommended: 2.0 GB
·         115 MB of hard-disk space for program installation
·         Camtasia Studio Add-in for PowerPoint requires PowerPoint 2000, 2002, 2003, or 2007
·         Production to the Apple iPod/iPod Touch/iPhone format requires Apple QuickTime 7.2 or later version

Untuk menjalankan Camtasia Studio 7, komputer harus memenuhi spesifikasi berikut:
·         Requireme1.5 GHz single-core processor
·         1GB RAM
·         500MB hard disk space
·         Microsoft DirectX 9.0
·         display dimensions of 1024x768 or greater

Operating System Compatibility       
·         Microsoft Windows 7
·         Microsoft Windows Vista
·         Microsoft Windows XP

Untuk menjalankan Camtasia Studio 8, komputer harus memenuhi spesifikasi berikut:
·         Microsoft Windows 7
·         Windows 8
·         Windows 10 (Recommended: 64 Bit versions)
·         Microsoft DirectX 9 or later version Microsoft .NET 4.0 (included)
·         Dual-core processor minimum ~ Recommended: Quad-core processor or better
·         2 GB RAM minimum (Recommended: 4 GB or more 2 GB of hard-disk space for program installation)
·         Display dimensions of 1024x768 or greater
·         Dedicated Windows-compatible sound card, microphone, and speakers (Recommended)


1 komentar: